Minggu, 08 Januari 2017

Teknologi Informasi dalam Perpetan



Teknologi Informasi Dalam Perpetaan

Teknologi Informasi adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Teknologi informasi memanfaatkan komputer elektronik dan perangkat lunak komputer untuk mengubah, menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisikan dan memperoleh informasi secara aman.

Tujuan Teknologi Informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pekerjaan. Jadi dapat dikatakan karena dibutuhkannya pemecahan masalah, membuka kreativitas dan efisiensi manusia dalam melakukan pekerjaan, menjadi penyebab atau acuan diciptakannya teknologi informasi

Ayat - Ayat Al-Qur’an Tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Q.S. An-Nahl: 89

وَيَوْمَ نَبْعَثُ فِي كُلِّ أُمَّةٍ شَهِيدًا عَلَيْهِمْ مِنْ أَنْفُسِهِمْ ۖ وَجِئْنَا بِكَ شَهِيدًا عَلَىٰ هَٰؤُلَاءِ ۚ وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ
“Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.” (Q.S. An-Nahl: 89)

Perkembangan teknologi sistem informasi berbasis Geographic Information System (GIS).
Sistem Informasi Georafis atau Georaphic InformationSistem (GIS) merupakan suatu sistem informasi yang berbasis komputer, dirancang untuk bekerja dengan menggunakan data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan).Sistem ini mengcapture,mengecek, mengintegrasikan, memanipulasi, menganalisa,dan menampilkan data yang secara spasial mereferensikan kepada kondisi bumi.

Fotogrametri & Remote Sensing
Pemetaan secara fotogrametri dan remote sensing dalam era modern sekarang ini memegang peranan sangat penting karena dapat melakukan efisiensi yang sangat signifikan bila dibandingkan dengan cara terestrial biasa yang selama ini digunakan.
Mengapa metode fotogrametri banyak dipakai dalam pembuatan geo-informasi ?
Karena Produk dapat berupa : peta garis , peta foto atau kombinasi peta foto-peta garis
Proses pengambilan data geo-spatial relatif cepat
Efektif untuk cakupan daerah yang relatif luas
Umumnya foto tersebut diperoleh melalui pemotretan udara pada ketinggian tertentu menggunakan pesawat udara.

Jenis Fotogrametri

Fotogrametri Oblique                                    Fotogrametri Vertical                                     Fotogrametri High Oblique

Remote Sensing
penginderaan jauh adalah pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat yang tidak secara fisik melakukan kontak dengan objek tersebut atau pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat dari jarak jauh, (misalnya dari pesawat, pesawat luar angkasa, satelit, kapal atau alat lain). 


Contoh hasil




Manfaat PERPETAAN DALAM TEKNOLOGI INFORMASI:

  • Mempermudah mengetahui posisi dengan menggunakan software yang menyediakan peta digital dan menggunakan GPS

  • Untuk mengetahui tentang kepadatan jalan

  • Untuk mengetahui jaringan transportasi.

  • Untuk mengatahui letak – letak pusat kota

  • Untuk mengetahui tentang  fasilitas umum, kawasan industri, pariwisata

  • Untuk mengetahui tempat – tempat

  • Untuk mengetahui persebaran berbagai sumber daya alam, misalnya minyak bumi, batubara, emas, besi dan barang tambang lainnya.

  • Untuk mengetahui persebaran penggunaa lahan.

  • Untuk pengawasan daerah bencana alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar